Badan Pengawas Bangka Global Mandiri Akan Check Ekspor Mineral Perusahaan Tersebut di Bea Cukai

13.31

Ekspor Mineral

Badan Pengawas PD Bangka Global Mandiri (BGM) akan melakukan pengecekan ulang kepada instansi terkait semua data mengenai izin ekspor mineral atau minerba ikutan maupun hasil perkebunan yang selama ini dilakukan perusahaan BUMD Kabupaten Bangka tersebut. Pasalnya badan pengawas ingin mengetahui pasti berapa banyak ekspor yang telah dilakukan PD BGM selama ini.

"Selama ini kegiatan BGM itu apa yang dilaporkan itu saja. BGM tempo hari sudah kami panggil juga untuk klarifikasi menyangkut berita-berita yang ada di koran itu. Seperti apa di koran itu bahwa BGM namanya saja, kelihatannya yang mengerjakan orang lain. Oleh sebab itu kami sebagai badan pengawas minta dengan BGM informasi jelasnya bagaimana, nanti kami akan mengecek juga apa yang disampaikan benar atau tidak," tegas Anggota Badan Pengawas PD BGM M Nasir Hasan, Jumat (19/08/2011) di ruang kerjanya.

Menurutnya, Badan Pengawas PD BGM ini akan menanyakan langsung laporan pengurusan perizinan terkait minerba yang dibuat PD BGM ke Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bangka.

"Lewat izinnya itu apa saja, yang dilakukan perusahaan sebab apa yang dilaporkan kemarin cocok atau tidak? yang seperti itu perlu diluruskan," kata Nasir yang menjabat sebagai Asisten III Setda Bangka ini.

Selain itu juga badan pengawas, lanjutnya akan meminta data ekspor yang dilakukan PD BGM kepada Bea Cukai untuk mengetahui berapa banyak selama ini PD BGM melakukan ekspor dan apa saja yang diekspor oleh perusahaan tersebut.

"Bukan tidak percaya, hanya ingin membuktikan kebenarannya," tegas Nasir.

Lebih lanjut, ia mengatakan sementara ini, karena terjadi polemik mengenai ekspor mineral ikutan ini, PD BGM diminta menghentikan ekspor mineral ikutan tersebut.

"Dijernihkan dulu jelasnya bagaimana? kalau memang tidak boleh itu otomatis istilahnya ya jangan sampai dilakukan lagi. Karena BGM punya namanya, orang lain yang mengerjakannya. Dari apa yang dikerjakan BGM, ini kan perusahaan, jadi yang tahu nanti bisa dilihat di akhir tahun pada laporan hasil kerja mereka," kata Nasir lagi.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images