Apa itu CAS Number? (Chemical Abstract Service)

15.53

Chemical Abstracts Service

Bagi Anda yang tidak terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia, nama CAS Number mungkin menjadi misteri untuk dipecahkan. Mereka yang sering membaca MSDS mungkin akan sering menemui keterangan CAS Number yang mencantumkan nomor tertentu untuk setiap bahan kimia yang diuraikan dalam Material Safety Data Sheet (MSDS) tersebut.

Untuk membaca tentang Material Safety Data Sheet atau MSDS, klik disini: Apa itu MSDS?

CAS_Registry_Number_Chemical_Abstract_Service
Chemical Abstracts Service (disingkat dengan CAS) adalah sebuah divisi dari American Chemical Society yang merupakan sumber informasi kimia. CAS bermarkas di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Registry CAS - merupakan standar emas (golden standard) untuk informasi zat kimia. CAS REGISTRYSM berisi lebih dari 97 juta zat unik organik dan anorganik kimia, seperti paduan, senyawa koordinasi, mineral, campuran, polimer dan garam, dan lebih dari 66 juta urutan-lebih dari database lain dari jenisnya.

Kimia Abstrak

Abstracts Chemical atau Kimia Abstrak merupakan indeks berkala yang menyediakan ringkasan dan pengungkapan indeks dalam dokumen ilmiah yang baru-baru ini diterbitkan. Sekitar 8.000 jurnal, laporan teknis, disertasi, konferensi, dan buku-buku baru, dalam 50 bahasa, yang dipantau setiap tahunnya, seperti spesifikasi paten dari 27 negara dan dua organisasi internasional. Kimia Abstrak dihentikan penerbitan secara cetak pada tanggal 1 Januari 2010.

Dua database utama yang mendukung produk-produk yang berbeda CAplus dan Registry.
  1. CAplus

    CAplus terdiri dari informasi bibliografi dan abstrak untuk semua artikel dalam jurnal kimia di seluruh dunia, dan artikel-kimia terkait dari semua jurnal ilmiah, paten, dan publikasi ilmiah lainnya.

  2. Registry

    Registry berisi informasi tentang lebih dari 71 juta zat organik dan anorganik, dan lebih dari 64 juta protein dan urutan DNA urutan. Informasi urut berasal dari CAS dan GenBank, diproduksi oleh National Institutes of Health. Informasi kimia yang dihasilkan oleh CAS, dan disiapkan oleh Registry Sistem CAS, yang mengidentifikasi masing-masing senyawa dengan spesifik nomor CAS registri, nama indeks, dan representasi grafis dari struktur kimianya. Penugasan nama kimia dilakukan sesuai dengan aturan tata nama kimia untuk nama-nama indeks CA, yang sedikit berbeda dari standar internasional nama IUPAC, menurut aturan IUPAC.

Products

Database CAS tersedia melalui dua sistem database utama: STN dan SciFinder, serta satu sistem database lainnya, yakni CASSI.
  1. STN

    Kimia Abstrak Layanan Gedung B pada bulan Agustus 2009. Columbus, Ohio

    STN (Scientific & Technical Information Network) International dioperasikan bersama-sama oleh CAS dan FIZ Karlsruhe, dan ditujukan terutama untuk informasi profesional, menggunakan bahasa perintah antarmuka. Selain database CAS, STN juga menyediakan akses ke banyak database lainnya, dengan mekanisme mirip dengan Dialog.

  2. SciFinder

    SciFinder adalah database informasi kimia dan bibliografi. Awalnya aplikasi client, versi web dirilis pada tahun 2008. Ia memiliki antarmuka grafis, dan dapat mencari struktur kimia dan reaksi.

    Versi klien untuk ahli kimia di organisasi komersial. Versi untuk kedua Windows dan Macintosh ada. SciFinder Cendekia untuk universitas dan lembaga akademis lainnya dan tidak memiliki beberapa fitur tambahan untuk multi-database yang memerlukan pencarian komprehensif.

  3. Cassi

    Cassi adalah singkatan dari Chemical Abstracts Service Source Index (Kimia Abstrak Layanan Sumber Indeks). Database sebelumnya yang harus di cetak (print) membuat satu-satunya layanan ini sekarang menjadi sumber daya online gratis untuk mencari dan mengkonfirmasi informasi publikasi bahan kimia. Cassi memberikan judul dan singkatan, Coden, ISSN, penerbit, dan tanggal penerbitan pertama (sejarah) untuk jurnal yang dipilih. Juga termasuk adalah bahasa yang teks dan bahasa yang ringkas.

    Rentang ini dari 1907 sampai sekarang, termasuk publikasi ilmiah dan teknis baik serial dan non-serial. Database diperbarui setiap tahun setiap Desember.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images