MSDS Adalah

09.53

Apa itu MSDS?

MSDS adalah singkatan dari Material Safety Data Sheet, atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) dalam hal ini adalah bahan kimia.

MSDS_adalah_singkatan_dari_Material_Safety_Data_Sheet
MSDS adalah singkatan dari Material Safety Data Sheet atau Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB)

Sebuah lembar data keamanan bahan, yang biasa disingkat dengan MSDS saja, adalah dokumen untuk senyawa kimia. Dokumen ini menjelaskan tentang bahaya bahan kimia tersebut dan memberikan gambaran spesifik mengenai sifat kimia itu.

Varian MSDS

Selain dari MSDS, terkadang dokumen keselamatan bahan juga disebut sebagai:
  • (SDS / Safety Data Sheet),
  • Lembar Data Keselamatan Bahan (MSDS / Material Safety Data Sheet), atau
  • Lembar Data Keamanan Produk (PSDS / Product Safety Data Sheet)
Sebuah lembar data keselamatan merupakan komponen penting dari pengawasan produk dan keselamatan kerja dan sekaligus peringatan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh penanganan suatu bahan kimia.

Dokumen ini dimaksudkan untuk memberikan pekerja dan personel gawat darurat sebuah prosedur penanganan baku atau bagaimana cara bekerja dengan zat terkait melalui cara yang paling aman, dan dokumen ini termasuk memuat juga informasi seperti data fisik (titik lebur, titik didih, titik nyala, dll), toksisitas, efek kesehatan, prosedur bantuan pada kesempatan pertama, reaktivitas, penyimpanan, pembuangan, peralatan pelindung, CAS Number, dan penanganan kejadian tertentu.

Format SDS dapat bervariasi dari sumber ke sumber dalam suatu negara tergantung pada kebutuhan nasional.

Klik disini untuk membaca ketentuan tentang Format MSDS sebagaimana diatur dalam peraturan Menteri Perindustrian Nomor 87/M-IND/PER/9/2009 Tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi Dan Label Pada Bahan Kimia: Apa itu MSDS? Apa Singkatan dari MSDS?

Safety Data Sheet system

SDSs (Safety Data Sheet system) adalah sebuah sistem yang digunakan secara luas untuk katalogisasi informasi pada bahan kimia, senyawa kimia, dan campuran kimia secara internasional. Informasi SDS dapat mencakup petunjuk untuk penggunaan yang aman dan potensi bahaya yang berhubungan dengan bahan atau produk tertentu. Lembar data ini dapat ditemukan di mana saja di mana bahan kimia yang digunakan.

Ada juga sebuah kewajiban untuk mencantumkan label zat yang benar atas dasar fisika-kimia, kesehatan dan / atau risiko lingkungan. Label ini dapat mencakup simbol bahaya seperti logo standar berwarna hitam lintas diagonal Uni Eropa pada latar belakang oranye (Hazardous Goods), digunakan untuk menunjukkan zat tersebut benar-benar berbahaya.

Sebuah SDS untuk zat tidak terutama ditujukan untuk digunakan oleh konsumen umum, bukan fokus pada bahaya bekerja dengan bahan dalam pengaturan cara kerja terhadap bahan kimia.

Dalam beberapa yurisdiksi dalam suatu negara, SDS diperlukan untuk menyatakan risiko bahan kimia ini, keamanan, dan efek pada lingkungan.

Hal ini penting untuk menggunakan spesifik SDS untuk kedua negara dan pemasok, sebagai produk yang sama (misalnya cat dijual dengan nama merek yang identik oleh perusahaan yang sama) dapat memiliki formulasi yang berbeda di negara yang berbeda. Perumusan dan bahaya dari produk yang menggunakan nama generik (misalnya sugar soap / sabun gula) dapat bervariasi antara produsen di negara yang sama.

Referensi

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Safety_data_sheet
  • https://simple.wikipedia.org/wiki/Material_safety_data_sheet

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images